Minggu, 29 Januari 2012

Komponen2 terpenting dlm perangkat Linux


Komponen-komponen terpenting dalam perangkat Linux berupa :
  • Kernel, Kernel merupakan jantung dari sistem operasi yang mengontrol hardware dan mengatur segala permintaan. Bagian-bagian lain seperti shell dan aplikasimemanggil/menginstruksikan kernel untuk memberikan pelayanan kepadanya sesuai dengan program yang memanggilnya.
  • Shell, Shell adalah penterjemah pada sistem UNIX. User cukup memberikan perintah dan shell yang akan melayaninya. Diantaranya yang paling terkenal adalah Bash ( The Bourne Again Shell )
  • Utilities, Berjumlah ratusan dengan fungsi yang berlainan misalnya saja Apache ( web server ) ,Qmail ( mail server ), Samba ( File Server ) dll.
  • Xwindows, System GUI ( Graphical User Interface ) yaitu sistem grafis yang menyerupai sistem Windows sehingga menarik dan mudah digunakan.
  • Aplikasi,Program ini dapat dibuat pemakai untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.
Masih Banyak Lagi hal lainnya yang bisa dijadikan Refferensi untuk ber-migrasi ke LINUX.
Bagi saya merupakan sebuah tantangan untuk menguasai dan mengkampanyekan penggunaan Software Operating System yang Legal dan Open Source.
Legal, tidak ada istilah melanggar Hukum dalam Menggunakan, memperbanyak dan menyebarkan.
Open Source, Kita bIsa berpartisipasi dalam pengembangan Distro yang kita pergunakan, sehingga semuanya bisa lebih sesuai dengan Keperluan kita. (Sumber Kode Bebas Kita Oprek/Modifikasi semaunya, asal ngerti aja :) )
Sebuah prinsip untuk bersikap Jujur dan dewasa dalam menyikapi Teknologi, kita tidak mau bangsa kita di cap sebagai bangsa Pembajak / Pengguna Produk bajakan. Untuk itu bagi anda yang selama ini menggunakan OS Bajakan, sudah saatnya untuk beralih ke OS yang legal. salah satunya adalah LINUX atau bagi yang mampu,menggunakan/membeli OS Asli yang bukan bajakan, dengan keterbatasan Hak penggunaan (Maksimal Instalasi thd jumlah komputer yg dipergunakan, tidak boleh memperbanyak atau meminjamkan dll ).
LINUX, adalah sebuah jalan untuk menunjukan bahwa kita adalah bangsa yang mampu menunjukan bahwa kita tidak mau dijajah dalam bentuk Ekonomi dan teknologi oleh bangsa Kapitalis yang lebih mementingkan Profit /Keuntungan / Uang dibandingkan Kemajuan Umat Manusia terutama dalam bidang pendidikan.
Jujur saja, Jika kita menggunakan OS Propietary Milik MIcrosoft misalnya, dalam lingkup sekolah (Negeri) di Pedalaman, maka untuk mendapatkan generasi bangsa yang menguasai Teknologi Informasi akan menjadi Hal yang sulit dan mustahil. Untuk menyediakan Komputer Bekas kelas P III sebanyak yg dibutuhkan saja bisa menjadi masalah,apalagi membeli Paket Operating Sytemnya? meskipun mungkin sudah mendapatkan Discount, tetap saja Mahal !
belum lagi Beli Program Aplikasi Office-nya? Solusinya adalah dengan menggunakan Operating System yang telah lengkap dengan Aplikasi Standar kerja yang Bebas dan murah (biasanya kita hanya membayar ganti harga CD-nya saja) jadi kita bisa Fokus dalam pembiayaan Hardwarenya saja.
Tentunya kita tidak ingin Generasi kita menjadi generasi yang tidak Jujur. Budak dari Produk Bajakan. )
Stop bajakan, gunakanlah Software Asli, atau Solusi jika anda merasa berat dengan biaya yang harus dikeluarkan utk menggunakan Software asli, gunakan LINUX sebagai Software yang legal, murah dan Open source.
*berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar